Sesuluh Idup

29 January 2009

Krishna Sumber Avatara

Filed under: avatara,krishna — sesuluh @ 17:17
Tags: , , , ,

Banyak terjadi kesalahan pemahaman mengenai sosok Krishna, apakah Krishna Tuhan atau manusia biasa yang kerauhan Tuhan, atau tokoh legenda fiktif atau bagaimana. Mari kita bahas dengan mengacu kesastra veda Itihasa, Purana dan Upanisad. Kalau pemahaman dasar mengenai Itihasa, Purana dan Upanisad kacau, kacau pulalah pemahaman Veda, makanya sering terjadi debat kusir.

Pertama kita bahas Purana dan Itihasa lebih dulu, baru diselingi apa itu debat kusir. Purana dan Itihasa. Apakah Purana ini? Apa artinya? Pura+ana. Pura artinya jaman dulu, ana berarti mengatakan. Kata pura juga berarti yang dulu dan akan datang, Purana ceritra sejarah jaman dulu dan juga apa yang terjadi akan datang. Sejarah dalam Purana mengandung arti agama. Makanya dalam Purana ada juga diceritrakan apa yang akan datang, seperti kemunculan Kalki Avatara Purana ada 18 Purana Utama termasuk Srimad Bhagavatam yang merupakan bintang kejoranya. Kemudian Itihasa. Apa artinya. Iti+ha+asa artinya ini sudah terjadi begitu. Singkat kata juga artinya sejarah Dimana letak beda Purana dan itihasa yang sama2 sejarah. Tujuan utama penulisan Purana adalah keagamaan, menceritrakan Sri Hari, Tuhan YME. Sedangkankan Itihasa menceritrakan sejarah saja. Itihasa terdiri dari Maha Bharata dan Ramayana. Itulah secara ringkas pemahaman dasar Purana dan Itihasa. Weda tidak dapat dimengerti tanpa adanya Purana dan Itihasa. Vayu purana 1.201 Hendaknya Weda dijelaskan melalui Itihasa(sejarah) dan Purana(sejarah Tuhan,dewa2 dan raja2). Weda merasa takut kalau orang bodoh membacanya. Weda berfikir bahwa sibodoh akan memukulku. Dengan pemahaman dasar yang benarlah baru kita membahas kitab suci untuk menghindari debat kusir. Sebagai selingan saya ceritakan asal mula kata debat kusir. Ada seorang dokter hewan numpang dokar, kemudian kudanya kentut, mendengar kudanya kentut dokter hewan mengatakan kepada kusir kudanya masuk angin, tapi sikusir tidak mau terima dikatakan kudanya masuk angin, karena nyata nyata keluar angin. inilah yang diperdebatkan apakah kuda itu masuk angin atau keluar angin, tapi yang pasti itu kentut namanya. Jadi orang sering mendebatkan kentut artinya memperdebatkan yang tidak esensial, karena sama sama tidak punya dasar pijakan, nah lamun sube keto, juang be susuk ne. Nah itu joke biar tidak serius terus. Pusing kalau serius terlalu lama otak tegang, perlu peregangan. Mohon sinampura saya jedah rehat dulu, sebentar saya sambung, karena pembahasan masih panjang.Kita belum sampai kepokok bahasan Krishna is source off all incarnation.

source: guna_avatara – hdnet (1 januari 2009)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: